reviewtip2.jpg (5487 bytes)


  NOKIA 3210
  review
  redball.gif (916 bytes)redball.gif (916 bytes)redball.gif (916 bytes)

 

CLICK TO READ THE REVIEW! NOKIA 3210
review by Budz Kay

PERKIRAAN HARGA: Rp. 1.200.000
PLUS: Desainnya bagus. Cover bisa diganti dengan mudah. Banyak pilihan asesoris. Harganya sangat murah. Ada game. Ada screening call ringer. Ringtone-assignment bisa utk tiap nama.
MINUS: Sangat berat. Ukurannya besar. Batere bukan Lithium.

SCORE:
8.5

  Artikel ditulis oleh: Budz Kay

icon-p3.gif (3132 bytes)

Nokia dari dulu memang pas buat anak muda. Design-design yang menarik anak muda membuat handphone ini cukup populer di kalangan mereka. Dibandingkan Nokia tipe-tipe lainnya, 3210 sangat populer di kalangan anak muda terutama cewek, mungkin juga karena harganya cukup terjangkau. Dari hasil survey yg saya lakukan sendiri, bisa dipastikan bahwa 99% ayam kampus memakai handphone ini. Inilah yg kadang membuat risih bila seorang wanita memakai 3210, sebab bisa-bisa disangka ayam kampus. Namun dibalik image buruk yg tercipta oleh pikiran kotor, 3210 menawarkan kecanggihan yg jarang dimiliki handphone merk lain. Fasilitas Xpress-on Color Covers memudahan kita mengganti casing sendiri sesuai dengan warna yg kita kehendaki. Namun fasilitas yg cukup berguna adalah Screening call ringer yg dapat membedakan penelpon dari suara tone-ringnya. Selain itu Calculator juga merupakan fasilitas esensial yg disandang 3210. Kedua fasilitas itu jelas tidak ada pada Samsung SGH600 yg harganya lebih mahal. Yang juga menarik adalah tersedianya fasilitas Picture Message untuk mengirimkan pesan berupa gambar ke sesama handphone Nokia.
Sebenarnya yang paling patut diberi acungan jempol adalah kemampuan 3210 utk menetukan ringtone yg berbeda utk setiap nama di phonebook. Biasanya pada handphone lain penentuan ringtone hanya bisa utk tiap user group saja, tapi tidak bisa utk tiap nama. Namun pada 3210 ringtone-assignment utk tiap nama dimungkinkan. Namun sayang sekali 3210 tidak memiliki memory utk phonebook, sehingga anda hanya bisa mengandalkan memory pada SIMcard.

Design yg bagus juga dibantu dengan dikebirinya antena, yg membuat bentuknya seolah lebih ringkas. Sayangnya design 3210 yg bagus itu tidak dibarengi dengan ukuran yg kecil dan ringan. Badannya cukup bongsor untuk dijejalkan di saku celana dan sewaktu dibawa terasa berat.
Dari bentuknya tampak jelas bahwa handphone ini pasti tidak cocok bila dipakai orang berumur 30 tahun keatas, designnya yg funky pasti akan menjatuhkan wibawa pemakainya. Laki-laki akan tampak kurang macho jika memakai handphone ini, dan cewek ABG salah-salah disangka bisa di-booking. Namun apabila anda mau mengabaikan image-image kotor di atas, Nokia 3210 adalah handphone yg layak dibeli. Namun ingat bahwa baterenya bukan Lithium, jadi anda harus menunggu sampai benar-benar habis sebelum di-charge, ini mungkin cukup merepotkan bagi sebagian besar orang.
Sebenarnya yg paling merngerikan dari 3210 adalah bobotnya yg tergolong sangat berat. Dengan bobot 151gr, 3210 boleh dijuluki sebagai rajanya berat, yg tentunya tidak nyaman bila disimpan di saku kemeja anda. Namun mengingat sasaran market 3210 adalah kawula muda yg notabene jarang memakai kemeja, tapi cenderung memakai kaos, maka 3210 sudah pasti akan dimasukkan di saku celana.

redball.gif (916 bytes)SPESIFIKASI TEKNIS

hp-s25-3.gif (10079 bytes)
kalau mau ganti warna cukup ganti casingnya dengan mudah
FEATURES
Ukuran 123.8x50.5x22.5 mm
Berat 151 gram
Tipe Batere NiMH
Standby time hingga 200 jam
Talk time 4.5 jam
Vibrator yes
Screening call ringer yes
Voice record no
Calculator yes
Calendar no
Alarm yes
Game yes - 3 games
Jumlah line text 4 baris
Ring tone 40
Edit melody yes
Phone Memory 0
Infra red no
Active flip n/a
Voice Dial no
Dual band yes
WAP (internet browser) no

Budz Kay
budzkay@budzkay.net

 

w e b d e s i g n by

http://surf.to/budz.design

©2000 Budz Kay Webdesign, All right reserved
please contact webmaster for any web related problem