REVIEWLAND.COM


  DUEL BERDARAH
  30 PDA POCKET PC
     redball.gif (916 bytes)redball.gif (916 bytes)redball.gif (916 bytes)

  Artikel ditulis oleh: Budz Kay pada tgl 8 December 2004    (budzkay@reviewland.com)
  PAGE 1 of 5                                                                                 GO TO PAGE :   1   2    3   4   5

Microsoft akhirnya berhasil menancapkan kukunya di sektor PDA.
Tahun 2004 ini, pangsa pasar PDA PocketPC telah mengalahkan PDA Palm.

Semakin banyak orang meninggalkan Palm dan beralih ke PocketPC.
Oleh karena itu PocketPC kini menjadi pilihan utama bagi anda yg menginginkan PDA.
Simak review, perbandingan, dan benchmark lengkap 30 jenis PocketPC mulai dari harga Rp.800 ribu hingga Rp.8,5 juta.

PocketPC adalah sebuah device yg sangat mendukung mobilitas anda.
Bahkan beberapa orang menganggapnya sebagai pengganti notebook.
Bila notebook anda selama ini hanya dipakai utk menjalankan dokumen Excel/Word, presentasi, musik, game, browsing internet, chatting (IRC/ICQ/YM), dan nonton movie. Maka PocketPC jelas bisa menggantikan fungsi notebook.
Jaman sekarang PocketPC bisa menjalankan hampir semua fungsi-fungsi PC/notebook. Bahkan sebuah PocketPC bisa difungsikan sebagai Web server.

Fungsi PocketPC yg sangat mirip PC ini tak lain karena OS yg digunakan PocketPC adalah dari rumpun Microsoft Windows juga.
Dalam hal mobilitas, PocketPC jelas lebih jelas unggul drpd notebook karena lebih mudah dibawa & digunakan dalam kondisi & situasi apapun.

PocketPC menggunakan operating system Microsoft Windows Mobile, yg interfacenya mirip dengan WindowsXP pada PC anda. Jadi bila anda sudah tahu cara mengoperasikan PC/notebook, anda tak perlu belajar banyak lagi dalam mengoperasikan PocketPC.

 

redball.gif (916 bytes)PENJELASAN FEATURE POCKET PC

PROSESOR:
Sama seperti PC, Pocket PC tentu juga menggunakan prosesor. Ada tiga produsen yg membuat prosesor untuk PocketPC yait Intel, Samsung, dan Texas Intrument.
Perlu diketahui bahwa prosesor jenis apapun yg digunkan pada PocketPC pastilah kompatibel dgn semua software, karena Microsoft mensyaratkan prosesor yg ARM-compatible untuk bisa jalan di OS Windows Mobile. Sehingga semua prosesor untuk PocketPC pastilah ARM-compatible, yg berarti kompatibel dgn semua software-sofware PocketPC (kecuali beberapa sofware khusus yg dirancang utk merk prosesor tertentu - biasanya untuk keperluan demo).
     Prosesor Intel terdiri dari Intel StrongArm dan Intel XScale. Intel StrongArm adalah prosesor PocketPC generasi lama yg kecepatannya cuma 206MHz. Untuk jaman sekarang performanya akan terasa lambat. Oleh karena itu Intel telah menggantinya dengan Intel XScale yg tersedia dari kecepatan 200MHz hingga 624MHz. Intel Xscale sendiri terdiri dari beberapa generasi, yaitu:
- PXA 250 (200Mhz, 300Mhz, 400MHz)
- PXA 255 (300MHz, 400MHz)
- PXA 263 (300MHz, 400MHz)
- PXA 270 "Bulverde" (520MHz, 624MHz)
PXA 250 masih menggunakan bus clock (FSB) 100MHz, sedangkan PXA255 keatas sudah bejalan di bus clock (FSB) 200MHz.

Perlu diketahui bahwa performa XScale PXA250 200MHz lebih rendah drpd Intel StrongArm 206MHz.
     Prosesor Samsung merupakan saingan paling berat Intel XScale, ini karena pada clock yg sama prosesor Samsung mampu memberikan kinerja yg lebih tinggi drpdr XScale. Selain itu prosesor Samsung memberikan kinerja file system yg lebih tinggi drpd Intel XScale
. Sehingga pada PocketPC yg menggunakan prosesor Samsung anda akan merasakan buka tutup aplikasi, instalasi, dan pengcopyan file yg lebih cepat drpd di PocketPC yg menggunakan prosesor Intel.
Prosesor Samsung mulai populer berkat kesuksesan Ipaq 1940 yg merupakan PocketPC terlaris.
Prosesor Samsung terdiri dari beberapa generasi, yaitu:
- S3C2410 (200MHz, 266MHz)
- S3C2440 (300MHz, 400MHz)
Perlu diketahui bahwa performa S3C2410 266Mhz lebih tinggi drpd S3C2440 300Mhz.

     Prosesor TiOMAP merupakan prosesor buatan Texas Instrument yg lebih menekankan pada efisiensi penggunaan daya. Oleh karena itu dalam hal performa, prosesor ini tergolong sangat lamban.
Prosesor TiOMAP menggunakan teknologi dual-core, dimana core yg pertama bergungsi untuk meng-handle OS & aplikasi, sedangkan core kedua bertugas meng-handle grafis & multimedia. Karena menggunakan core grafis khusus yg menggunakan teknologi PowerVR, maka kinerja grafisnya lumayan bagus.
Jenis prosesor Texas Instrument yg digunakan pada PocketPC yaitu:
- TiOMAP 1510 (168Mhz, 200MHz)
     Sama seperti prosesor PC, prosesor PocketPC juga bisa dioverclock. Kebanyakan utility overclock saat ini memang hanya dapat digunakan untuk mengoverclock prosesor Intel XScale saja, namun akan segera muncul utility overclock untuk prosesor Samsung juga.
Prosesor Intel XScale PXA270 bahkan sudah dibekali teknologi SpeedStep seperti yg ada pada notebook, sehingga clock speednya akan bergerak dinamis tergantung beban aplikasi yg dijalankan (untuk efisisensi batere).

GRAPHIC CHIP:
Seringkali orang hanya melihat spek prosesor pada PocketPC namun tidak melihat chip grafis yg digunakan. Memang seringkali jenis chip grafis yg digunakan tidak disebut, hal inilah yg kadang membuat orang heran kenapa PocketPC-nya yg dibekali prosesor 400MHz terpatah-patah ketika menjalankan game.
Meski tidak disebutkan jenis chip grafis yg digunakan, namun PocketPC yg menggunakan chip grafis kencang adalah Ipaq 4150, Ipaq 1940, dan ASUS A620BT.
Konon Ipaq 4150 dan 1940 menggunakan chip grafis Nvidia GoForce, ini karena MediaQ yg merupakan supplier chip grafis Ipaq telah diakuisisi Nvidia.

PocketPC yg masih menggunakan chip grafis MediaQ tipe lama (sebelum diakuisisi Nvidia) memiliki kinerja grafis yg sangat buruk, Pocket PC ini antara lain Ipaq 2210, Ipaq 5450, Ipaq 5550.
PocketPC yg menggunakan chip grafis ATI Imageon (misal: O2 XDA II) akan memiliki kinerja movie playback yg paling baik, ini karena banyak videoplayer yg dioptimalkan utk ATI Imageon.
     PocketPC juga ada yg dibekali dedicated 3D accelarator (misal: Dell Axim X50V). Chip 3D accelerator yg digunakan yaitu Intel 2700G dengan VRAM 16MB.
Chip grafis buatan Intel ini adalah yg pertama kali mendukung OpenGL dan feature Dual-Display.

MEMORY:
Memory terdiri RAM dan ROM.
RAM PocketPC menggunakan jenis memory SDRAM. Sedangkan untuk ROM jenis memory yg digunakan adalah NAND Flash, namun beberpa PocketPC ada yg menggunakan ROM jenis Intel StrataFlash yg performanya lebih cepat drpd NAND flash.
     RAM adalah memory yg berfungsi untuk menjalankan system PocketPC dan juga dapat digunakan untuk storage pula.
Namun data yg disimpan di RAM akan hilang bila kita melakukan hard-reset (soft reset tidak akan menghilangkan data di RAM).
     Sedangkan pada ROM terdapat file-file asli Operating System, sisa space pada ROM biasanya digunakan sebagai safe storage, yaitu tempat untuk menyimpan file yg tidak akan hilang bila kita melakukan hard-reset.
     Ketika kita melakukan hard-reset, maka kondisi PocketPC akan kembali seperti baru pertama beli, karena master operating system yg berada di ROM akan dicopykan lagi,  atau dengan kata lain OS-nya akan terinstall lagi seperti baru. Oleh karena itu janganlah khawatir bila operating system PocketPC anda rusak, karena cukup dengan melakukan hard-reset maka OS-nya akan pulih seperti baru hanya dalam waktu 1 detik saja !!. Bandingkan dgn PC yg proses instalasi OS-nya memakan waktu puluhan menit.
Smartphone/handphone juga akan sangat merepotkan kita bila sampai file-file systemnya rusak, karena memerlukan flash ROM yg tentu memakan waktu cukup lama. Sedangkan pada Pocket PC, bila file system sampai rusak, cukup menekan 2 tombol saja, dan hanya dalam waktu 1 detik semuanya beres seperti semula.

     Bila anda sebelumnya telah menginstall aplikasi tambahan, maka setelah hard-reset anda harus menginstall ulang lagi aplikasi tambahan tersebut, kecuali bila sebelumnya anda telah melakukan backup maka setelah hard-reset anda tinggal merestore lagi file backup tsb, sehingga keadaan PocketPC sama seperti ketika anda melakukan backup terakhir kali (kalau di PC seperti system restore).
     Sofware-software yg berkaitan dengan system sebaiknya diinstall di RAM, sedangkan software tambahan seperti game, lagu, dan juga file-file penting sebaiknya disimpan di Safe Storage (ROM) atau lebih baik lagi di memory external (SD Card)

OPERATING SYSTEM:
Sama seperti PC, PocketPC tentu juga menggunakan operating system. OS yg digunakan adalah Windows Mobile. Karena menggunakan OS buatan Microsoft maka PocketPC lebih unggul drpd PDA Palm.
PocketPC mampu terintegrasi lebih baik dengan PC yg sama-sama menggunakan OS buatan Microsoft juga.
Windows Mobile untuk PocketPC terdiri dari beberapa jenis & generasi
- Windows Mobile 2000 (Windows CE 3.0)
- Windows Mobile 2002 (Windows CE 3.0)

- Windows Mobile 2002 Phone Edition (Windows CE 3.0)
- Windows Mobile 2003 Professional Edition (Windows CE 4.20)
- Windows Mobile 2003 Premium Edition (Windows CE 4.20)
- Windows Mobile 2003 Phone Edition (Windows CE 4.20)

- Windows Mobile 2003 Second Edition (Windows CE 4.21)
- Windows Mobile 2003 Second Edition Phone Edition (Windows CE 4.21)
Beberapa produsen PocketPC ada yg menyediakan upgrade ke versi OS yg lebih baru. Beberapa PocketPC lawas yg bisa diupgrade OS-nya ke WM2003 adlah Ipaq 3970 dan Ipaq 5450.
Namun akghir-akhir ini Microsft & produsen PocketPC telah sepakat tidak lagi menawarkan upgrade OS, ini tentu agar orang membeli lagi PocketPC baru sekaligus WIndows Mobile baru pula.
     Perlu diketahui bahwa OS yg digunakan pada setiap pocketPC berbeda satu sama lain. Jadi meski versi OS-nya sama-sama WM2003, namun anda tidak bisa menggunakan OS  tersebut untuk PocketPC lain.
Ini karena Microsoft meng-custom setiap OS-nya sesuai dgn hardware yg digunakan pada PocketPC tertentu. Atau dengan kata lain OS WM2003 pada Ipaq 1940 adalah OS yg khusus hanya bisa digunakan utk Ipaq 1940 dan tidak akan bisa digunakan pada PocketPC lainnya.
Jadi bila ingin mengupgrade OS anda harus mencarinya di situs khusus untuk PocketPC tipe tersebut.
Oleh karena itu untuk Pocket PC tidak pernah ada istilah Windows Mobile "bajakan", karena OS tersebut sudah ada bersama PocketPC, yg berarti mau tidak mau anda telah membeli Windows Original ketika membeli setiap PocketPC.
Ini berbeda dgn OS Windows pada PC yg bisa digunakan untuk semua hardware, sehingga bisa dibajak dan digunakan utk berbagai jenis PC.

BLUETOOTH:
Sama seperti handphone, kebanyakan PocketPC juga dibekali Bluetooth. Fungsi Bluetotoh pada PocketPC sangat bergantung pada driver yg digunakan. Ada 3 macam driver bluetooh yg biasanya digunakna apda PocketPC, yait:
- Driver Widcomm Stack (paling kompatibel & paling banyak digunakan)
- Driver Microsoft Stack (pada O2 XDA II)
- Driver custom (biasanya pada PocketPC buatan Toshiba)
Driver terbaik adaalh Widcomm, selain feature profile-nya paling lengkap, juga paling kompatbel dgn banyak sofware yg mendukung bluetooth. Utility Bluetooth manager pada driver Widcomm juga sangat lengkap & user friendly.
     Beberapa Pocket PC generasi 2004 juga ada yg sudah mendukung Bluetooth versi 1.2. Versi ini telah mendukung "frequency hopping", supaya frekuensinya tidak berbenturan dengan WiFi yg sama-sama menggunakan frekuensi   2.4GHz. Sehingga Bluetooth dapat digunakaan seacra bersamaan dgn WiFi.
beberapa PocketPC juga ada yg mengadopsi teknologi Texas Instrument WANDA yg memungkinkan Bluetooth bekerja bersamaan dengan WiFi tanpa terjadi interferensi.

WIFI:
Akhir-akhir ini Wirelees LAN (WiFi) 802.11b mulai populer, sehingga beberapa PocketPC banyak yg dibekali WiFi.
Meski WiFi menjanjikan koneksi internet 10Mbps, namun aksesnya tergantung pada keberadaan hotspot. Sehingga anda hanya dapat menikmati di tempat-tempat yg menyediakan hotspot (misal Starbuck Cafe, Hotel Novotel, dll). Kebanyakan akses hotspot tidak gratis dan terkadang cukup mahal.
Sebenarnya fungsi WiFI untuk PocketPC tidak sepenting pada Notebook, karena biasanya data yg didownload ke PocketPC hanyalah data-data ringan saja (mengingat keterbatasan hardware & layar). Apalagi bila anda sudah memiliki koneksi CDMA (StarOne, Fren, Flexi) maka koneksi internet sudah lumayan cepat, dan jelas lebih praktis & lebih murah drpd harus mencari hotspot dulu & membayar biaya akses Hotspot.
Untuk konektivitas ke internet, WiFi justru mendapat ancaman dari CDMA EV-DO 2.4Mbps (mobile broadband). Karena WiFi jangkauannya hanya radius beberapa puluh meter saja, sedangkan kita semua tahu bahwa koneksi handphone (CDMA) jangkauannya meliputi seluruh area kota.
Beberapa handphone & PocketPC Phone terbaru ada yg telah mendunkung CDMA EV-DO.
Semua PocketPC Phone CDMA EVDO jelas tak akan dibekali WiFi, karena kalau sudah dapat menikmati akses internet high-speed di lokasi manapun, buat apa lagi harus menggunkan WiFi yg tergantung lokasi hotspot.

PHONE:
PocketPC terdiri dari 2 jenis yaitu PocketPC standalone (tanpa phone) dan PocketPC Phone yg sering juga disebut "convergence device".
Secara umum performa Pocket PC standalone lebih baik drpd PocketPC Phone. Ini karena PocketPC harus memperhatikan masalah daya tahan batere sehingga tidak bisa teralu mengumbar performa. Hanya sedikit saja Pocket PC Phone yg performanya tinggi (misal: O2 XDA II).
Trend masa depan memang mengarah pada PocketPC Phone ketimbang PocketPC standalone. In tektu karen faktor kepraktisan.
Namun untuk digunakan sebagai handphone, PocketPC phone tidak akan senyaman handphone biasa.   Oleh karena itu banyak orang yg lebih menyukai membeli PocketPC & handphone secara terpisah.
     Bagi saya pribadi, PocketPC Phone justru baru layak dibeli kalau anda jarang menggunakannya untuk menelpon. Sebagai contoh: bila anda telah memiliki handphone CDMA, maka anda pasti akan jarang melakukan percakapan menggunakan handphone GSM lagi (karena tarifnya lebih mahal).
Dalam kondisi seperti ini, lebih baik anda membeli PocketPC Phone GSM (untuk kirim SMS, dan mempertahankan nomer GSM anda), dan kalau ingin menelpon menggunakan handphone CDMA saja (tarif perckapan lebih murah).
Idealnya handphone CDMA yg harus dipilih dalam situasi seperti ini adalah yg memiliki fasilitas infrared (misal Nokia 6585, 3205, 6225). Jadi kalau ingin menikmati koneksi internet CDMA yg lebih cepat drpd GSM, anda cukup menghubungkannya dgn PocketPC Phone tadi via infrared.
Dalam kondisi dimana anda memiliki nomer CDMA & GSM, maka PocketPC Phone menjadi pilihan yg tepat drpd PocketPC standalone, karena bila anda menggunakan PocketPC standalone berarti anda harus membawa 3 device bersamaan (handphone CDMA, handphone GSM, dan PocketPC).
     Beberapa PocketPC Phone juga ada yg berbasis CDMA, bahkan keluaran terbaru mendukung CDMA EV-DO 2.4Mbps.

SD CARD & CF CARD:
     Secure Digital Card merupakan memory external yg paling banyak digunakan pada Pocket PC dan juga Digital Camera. Bahkan boleh dibilang semua PocketPC memiliki SD Slot (kecuali Ipaq 3600 dan ASUS A620BT).
Ukuran SD card yg kecil membuatnya lebih digemari daripada Compact Flash (CF) card.
Dulu CF Card memang menjadi idola karena menawarkan kapaitas tinggi dan flexibiltas, namun kini lebih banyak produsen yg semakin mengembangkan SD card. Kini telah muncul SD card high-speed dan berkapasitas tinggi pula (2GB). Selain itu sudah banyak bermunculan SD Bluetooth, Wifi, dsb.
Untuk dapat menggunakan SD Bluetooh, WiFi, dsb diperlukan SD slot  yg mendukung SDIO. Hampir semua PocketPC mendukung SDIO, kecuali O2 XDA I dan beberapa PocketPC lawas seperti Ipaq 1910.
Harga SD card juga makin murah, bahkan kini lebih murah drpd CF card. Oleh karena itu pamor CF Card mulai pudar.
     Semakin meningkatnya kapasitas dan kecepatan SD card juga membuat orang mulai melupakan CF MicroDrive, apalagi "hardisk kecil" tsb terkenal sangat menguras batere PocketPC. Hal ini berbeda dgn SD Card high-speed generasi terbaru (1GB-2GB) yg justru lebih hemat energi.
Saat ini boleh dibilang bahwa keberadaan CF slot pada PocketPC tidak berguna, apalagi keberadaan CF slot justru membuat bentuk PocketPC menjadi tebal.
     Manfaat adanya CF slot hanyalah dimungkinkannya penggunaan CF card TV dan CF card GSM/CDMA, namun kedua device tersebut sangat tak layak dibeli. Sebab CF card TV akan sangat menguras batere & dan harganya 2X lebih mahal drpd TV LCD portable 6". Jadi hanya orang tolol yg akan membeli CF card TV seharga Rp 1,5 juta.
Harga CF Card GSM/CDMA (Rp. 2,5 juta) juga jauh lebih mahal drpd handphone. Banyak orang tolol mengira bahwa setelah dipasangi CF card GSM/CDMA maka PocketPC mereka akan berubah seperti PocketPC Phone, padahal kenyataannya anda hanya dapat menelpon menggunakan earphone yg ditancapkan pada CF card tsb, dan konyolnya lagi CF card GSM/CDMA membuat PocketPC Phone anda harus menyala terus sehingga bahkan lebih boros drpd PocketPC Phone.
Drpd membeli CF card GSM/CDMA lebih baik membeli handphone bluetooth saja untuk dipairing dengan PocketPC. Harga handphone ber-bluetooth juga jauh lebih murah drpd CF Card GSM/CDMA.
Handphone Sony Ericsoon T68i & T610 adlah handphone paling kompatible untuk paitring terintegarsi dgn PocketPC Phone. Fungsi kedua handphone ini bisa sepenuhnya dikontrol dari PocketPC. Sehingga anda bisa menelpon, menerima telpon, dan mengirim SMS dari PocketPC tanpa harus menyentuh tombol handphone sama sekali. Perlu diingat bahwa hanya Sony Ericsson T68i dan T610 saja yg fungsi telpon & SMS-nya bisa dikontrol dari PocketPC.   Handphone Nokia jelas tidak bisa (apalagi Nokia tipe terbaru). Sedangkan kalau hanya digunakan untuk koneksi ke internet (sebagai modem bluetooth), hampir semua handphone ber-bluetotoh bisa.

INFRA RED:
     Meski semenjak munculnya Bluetooh pamor infrared mulai pudar, namun harus diakui bahwa masih banyak device yg menggunakan infrared (notebook, handphone, dsb). Oleh karena itu infrared tetap disertakan pada PocketPC terbaru sekalipun. Bahkan ada pula yg menggunakan infrared berkecepatan tinggi.
Infrared sendiri terbagi dalam 3 jenis, yaitu:
- Standard InfraRed (SiR) berkecepatan 115kbps
- Fast InfraRed (FiR) berkecepatan 4Mbps
- Consumer IR (CiR) dengan radius panjang (untuk dipakai sebagi remote control)
Hampir semua Pocket PC menggunakan SiR, beberapa diantaranya adalah jenis CiR yg berarti dapat digunakan sebagai remote control utk mengendalikan berbgai peralatan elektronik lainnya (TV, tape, VCD, AC, dll). Pocket PC dengan Infrared jenis CiR memiliki gelombang infrared yg pancarannya kuat/radiusnya panjang, sehingga layak dipergunakan sebagai remote control.
Fast Infrared merupkan jenis infrared yg memiliki kecepatan transfer data 4Mbs, sebagi perbandingan Bluetooth hanya memiliki kecepatan 1Mbps. Meski demikian, dalam prakteknya kecepatannya kurang lebih seperti Bluetooth.
Hanya sedikit saja PocketPC yg mendukung FiR, yaitu Ipaq hx4700 dan ASUS A620BT.
Sedangkan hampir semua notebook memiliki FiR (namun belum tentu memiliki Bluetooth). Jadi adanya FiR pada PocketPC akan sangat berguna bila anda ingin mentransfer data secara cepat antara PocketPC dan notebook yg tak memiliki bluetooth.

USB DATA CONNECTOR:
     Semua Pocket PC memiliki USB data connector utk dihubungkan ke port USB PC. Sehingga setelah kita menginstall software Microsft ActiveSync di PC kita bisa melakukan sinkronisasi ataupun sekedar transfer data dengan PocketPC.
Untuk saat ini hanya Ipaq hx4700 saja yg USB data connectornya telah mendukung USB 2. 

USB HOST:
     USB Host merupakan feature yg memungkinkan kita menancpakan berbagi [peripher langsung ke PocketPC (dgn converter yg mencanp di USB data conncetor).
Sebagai contoh, anda dapat menancapkan USB Thumbdrive ke PocketPC dan langsung dikenali sebagai external storagae. Untruk periheral lain membutuhkan driver.
Hanya PocketPC buatan Toshiba, Acer, dan Asus saja yg mendukung USB Host.
HP sebagai produsen PocketPC paling laris (Ipaq) tidak pernah mau mendukung feature USB Host, oleh karena itu dukungan terhadap USB Host akhirnya juga kurang populer.
HP menganggap adanya feature USB Host tidak penting karena kecepatan transfer rate SD slot 8X lebih cepat dibanding USB.

INTEGRATED CAMERA:
     Sama seperti handphone, PocketPC juga mulai dibekali integrated camera. Beberapa diantaranya ada yg menggunakan camera 1.3MP (Ipaq rx3417/3715), dan ada pula yg dibekali flash (HTC Harrier).
Meski kualitas fotonya yg dihasilkan masih ada ada yg tidak sebaik hasil camera handphone Nokia (3660/6600), namun beberapa Pocket PC (misal O2 XDA II) sudah mampu menghasilkan kualitas foto yg cukup baik.
Beberpa PocketPC juga mampu melakukan video recording. Kualitas video recording yg dihasilkan jauh lebih bagus dibanding smartphonen/handphone. Ini tak lain karena PocketPC memang lebih powerful drpd smartphone tercanggih sekalipun.

BIOMETRIC FINGER SCANNER:
     Ini adalah feature security yg menggunakan pengenalan sidik jari. Sensor mendetekesi sidik jari via panas tubuh. Feature ini hanya ditemukan pada Ipaq 5450 dan 5550 saja. Beberapa orang menganggap feature ini kurang berguna dan hanya menyebabkan mahalnya harga PocketPC tsb.

LAYAR LCD:
     Layar adalah komponen paling vital dalam PocketPC. Menarik tidaknya PocketPC ditentukan pada kualitas tampailan layar.
Ipaq adalah Pocket PC yg selalu menggunakan kulitas LCD tebraik. Mungkin itu pula yg membuat hrga Ipaq cenderung lebih mahal drpd merk lain. Kebanyakan PocketPC Ipaq menggunakan LCD buatan ONY jenis "ultra-wide viewing angle", sehingga dilihat dari sudut manapun tampilan tetap jelas (tidak terjadi negatif effect). Selain itu permukaan layar LCD Ipaq cenderung lebih empuk sehingga nyaman digunakan.

JOYPAD:
     Joypad (kadang disebut juga D-pad) adalah tombol navigasi yg manfaatnya paling terasa ketika dipakai bermain game. Beberapa PocketPC ada yg tidak memiliki jopypad (Acer n30, Anextek SP230), sehingga sangat tak cocok untuk main game.

Untuk lebih jelasnya, lihat tabel berbagai macam PocketPC berikut spek singkat dan harga baru & bekasnya.

Type Phone Prosesor RAM OS feature extra SDIO harga baru/bekas
Ipaq 3650 No Intel StrongARM SA1110 206MHz 32MB 2000 (Awas, layar cuma 4096 color!) No        ---- / 800 rb
Toshiba E310 No Intel StrongARM SA1110 206MHz 32MB 2002 USB Host, SD slot Yes        ---- / 900 rb
Ipaq 3850 No Intel StrongARM SA1110 206MHz 64MB 2002 SD slot Yes        ---- / 1 juta
Toshiba E330 No Intel XScale PXA250 300MHz 64MB 2002 USB Host, SD slot Yes        ---- / 1,2 juta
Acer n10 No Intel XScale PXA255 300MHz 64MB 2003 CF slot, SD slot No
(CFIO)
     ---- / 1,5 juta
Toshiba E350 No Intel XScale PXA250 300MHz 64MB 2003 USB Host, SD slot Yes        ---- / 1,6 juta
Ipaq 3870 No Intel StrongARM SA1110 206MHz 64MB 2002 Bluetooth, SD slot Yes        ---- / 1,6 juta
Ipaq 3970 No Intel XScale PXA250 400MHz 64MB 2002 Bluetooth, SD slot Yes        ---- / 1,8 juta
Toshiba E400 No Intel XScale PXA261 300MHz 64MB 2003 SD slot Yes 1,9 juta / 1,6 juta
Viewsonic V36 No Intel XScale PXA250 300MHz 64MB 2003 Camera 0.3MP,
SD slot
Yes 1,9 juta / ----
Toshiba E740 No Intel XScale PXA250 400MHz 64MB 2002 USB Host, WiFi,
Bluetooth, CF slot, SD slot,
Yes      ---- / 2 juta
Acer n30 No Samsung S3C2410
266MHz
64MB 2003 USB Host, Bluetooth, SD slot
(Awas, tidak cocok untuk main game)
Yes   2 juta / ----
Ipaq 5450 No Intel XScale PXA250 400Mhz 64MB 2002 Finger scanner, Bluetooth, WiFi,
SD slot
Yes      ---- / 2,2 juta
Ipaq rz1710 No Samsung S3C2410 200MHz 32MB 2003 SD slot Yes    2 juta / ----
Ipaq 1940 No Samsung S3C2410 266MHz 64MB 2003 Bluetooth, SD slot, Yes 2,3 juta / 1,7 juta
Audiovox Thera Yes
CDMA
Intel StrongARM SA1110 206Mhz 32MB 2002 SD slot Yes 2,3 juta / 2 juta
Asus A620BT No Intel XScale PXA255 400Mhz 64MB 2003 USB Host, FiR
Bluetooth, CF slot
No
(CFIO
2,8 juta / 1,7 juta
Ipaq 2210 No Intel XScale PXA255 400Mhz 64MB 2003 Bluetooth, CF slot,
SD slot
Yes 2,9 juta / 2,2 juta
O2 XDA I Yes
GSM
Intel StrongARM SA1110 206 Mhz 32MB 2002PE SD slot
(Awas, layar cuma 4096 color!)
No        --- / 2,9 juta
Ipaq 4150 No Intel XScale PXA255 400Mhz 64MB 2003 Bluetooth, WiFi,
SD slot
Yes 3,3 juta / 2,7 juta
Ipaq rx3417 No Samsung S3C2440 300MHz 64MB 2003SE Camera 1.3MP, WiFi, Bluetooth, SD slot Yes 3,6 juta / ----
AnexTek SP230 Yes
GSM
Intel XScale PXA255 400Mhz 64MB 2003PE SD slot
(Awas, tidak cocok untuk main game)
Yes 3,7 juta / ----
Ipaq rx3715 No Samsung S3C2440 400MHz 64MB 2003SE Camera 1.3MP, WiFi, Bluetooth, SD slot Yes    4 juta / ----
Eten P300B Yes
GSM
Samsung S3C2410 200MHz 64MB 2003PE Bluetooth, SD slot
(Awas, layar cuma 4096 color!)
Yes 4,2 juta / 3 juta
Toshiba e800 No Intel XScale PXA263 400MHz 128MB 2003SE 640x480 resolution,
ATI graphic 2MB, USB host, WiFi, CF slot, SD slot
Yes 4,8 juta / ----
Ipaq 5550 No Intel XScale PXA255 400Mhz 128MB 2003 Finger scanner,
Bluetooth, WiFi,
SD slot
Yes   5 juta / 3 juta
Ipaq 6365 Yes
GSM
Ti OMAP 168MHz
(dual-core processor)
64MB 2003PE Camera 0.3MP, WiFi, Bluetooth, SD slot Yes 5,6 juta / 4,7 juta
Ipaq hx4700 No Intel XScale PXA270 624Mhz 128MB 2003SE 640x480 resolution,
Intel 2700 Graphic,
WiFi, Bluetooth,

CF slot, SD slot
Yes   5,7 juta / ----
Samsung i700 Yes
CDMA
Intel XScale PXA250 300MHz 64MB 2002PE Camera 0.3MP, SD slot Yes     6 juta / 4,5 juta
O2 XDA II Yes
GSM
Intel XScale PXA263 400Mhz 128MB 2003PE Camera 0.3MP,
ATI Imageon,  Bluetooth, SD slot
Yes    6 juta / 5 juta
O2 XDA IIs Yes
GSM
Intel XScale PXA263 400Mhz 128MB 2003SE
PE
Camera 0.3MP,
ATI Imageon, WiFi
Bluetooth, SD slot
Yes 8,5 juta / ----
HTC Harrier Yes
CDMA
EVDO
Intel XScale PXA263 400Mhz 128MB 2003SE
PE
Camera0.3MP+Flash,
ATI Imageon,
Bluetooth, SD slot
Yes 8,5 juta / ----

Untuk digunakan bermain game/nonton movie, kebanyakan PocketPC berbasis prosesor Intel XScale 300Mhz performanya tidak jauh berbeda dgn PocketPC berbasis Intel StrongArm 206MHz.
Untuk bermain game/nonton film, PocketPC keluaran baru seperti Ipaq 1940 yg berbasis prosesor Samsung 266MHz justru cenderung lebih kencang drpd PocketPC lama, sekalipun yg berbasis Intel XScale 400MHz (ipaq 3970, 5450).
Ini karena Ipaq 1940 menggunakan chip grafis yg lebih kencang dibanding Ipaq seri lama.

Meski demikian, performa grafis Ipaq 1940 bahkan sanggup mengalahkan Ipaq 2210, yg notabene juga Ipaq seri baru.
Meski sama-sama berbasis XScale 400MHz, performa grafis yg dimiliki Ipaq 4150 lebih kencang drpd Ipaq 2210.

Jenis prosesor yg digunakan tidak bisa dijadikan patokan performa untuk menjalankan game/film, sebab meski menggunakan prosesor yg sama, kinerjanya yg dihasilkan bisa berbeda cukup jauh akibat perbedaan chip grafis yg digunakan. Contohnya adalah perbedaan kinerja grafis antara iPaq 2210 dgn Ipaq 4150 yg sangat besar (Ipaq 4150 jauh lebih cepat).
Begitu pula Ipaq 3970, meski sudah menggunakan prosesor XScale 400Mhz tapi kinerja grafisnya juga jauh dibawah Ipaq generasi baru (1940, 2210, 4150).
O2 XDA II yg dibekali prosesor XScale 400MHz, kinerja grafisnya juga masih jauh dibawah Ipaq 4150, meski demikian untuk gaming/video, O2 XDA II masih lebih kencang drpd Ipaq 2210.
Selain itu karena O2 XDA II menggunakan video accelerator khusus untuk movie, maka performanya adalah yg tercepat untuk menjalankan movie.
Jadi performa untuk gaming/movie lebih tergantung pada jenis PocketPC itu sendiri (tidak bisa semata dilihat dari jenis prosesornya saja).

Ukuran juga merupakan faktor yg menentukan seseorang dalam membeli PocketPC, dibawah ini dapat anda lihat perbandingan ukuran beberapa PocketPC yg ikut direview

 

Untuk penjelasan lebih detail, lihat saja review lengkap 30 jenis PocketPC dihalaman selanjutnya....
(Review disusun berurutan dari PocketPC dengan harga termurah hingga termahal)

NEXT PAGE  (review produk 1-11) >

 

w e b d e s i g n by

www.budzkay.net

2004 Budz Kay Webdesign, All right reserved
please contact webmaster for any web related problem